DIT.web.id

sementara biarlah begini...

Menambahkan Blog di Hosting cPanel ke Blogspot/Blogger

Feb 092016

Sejalan dengan waktu sesekali mungkin Anda berpikir untuk menuliskan sebuah ide segar atau sekedar sharing pemikiran Anda dalam blog. Dikarenakan beberapa hal tertentu, mungkin rencana Anda tersebut harus tertunda untuk pelaksanaannya, sebut saja karena ketersediaan freespace yang kurang memadahi. Jika hal tersebut yang sedang Anda hadapi, maka bisa jadi artikel ini tepat adanya untuk diterapkan. Memanfaatkan layanan dari Blogspot atau Blogger, maka Anda dapat menuangkan berbagai tulisan sederhana dan tanpa dikenakan biaya apapun.

undefined

Memisahkan Layanan Email Hosting Menggunakan cPanel

Feb 092016

Meskipun mayoritas layanan web hosting telah menyediakan fitur yang terbilang lengkap untuk kebutuhan sehari-hari, namun ada kalanya seseorang atau perusahaan ingin memisahkan layanan email-nya ke hosting lain yang sama-sama menggunakan cPanel. Beragam sebab pula yang memicu hal tersebut, seperti data email menyita banyak ruang di hosting, sehingga pemiliknya mencari penyedia layanan lain yang menawarkan space lebih besar dengan harga lebih murah. Contoh kasus di atas tentunya dimungkinkan dan tidak sulit pula untuk pengerjaannya. Simak bahasan selengkapnya di artikel ini.

undefined

Jadikan Microsoft Windows 7 Sebagai HotSpot

Sep 032013

Adalah Microsoft Windows 7 atau beberapa menyebutnya Seven, yang merupakan salah satu produk sukses sistem operasi lantaran banyak diminati. Disamping tampilannya yang sederhana nan anggun, sistem operasi ini juga memungkinkan Anda untuk memfungsikan komputer atau laptop menjadi hotspot. Dengan kata lain, jika komputer atau laptop Anda terkoneksi dengan internet, maka perangkat berbasis WiFi milik Anda lainnya juga bisa ikut nimbrung ngenet melaluinya.

undefined

Menggunakan JFS Sebagai Alternatif File System di Linux

Jul 112013

Sebagai salah satu perangkat lunak utama, tentunya kita telah mengenal beberapa nama seperti EXT2, EXT3 atau EXT4 yang saat ini telah terintegrasi di Linux CentOS 6.x. Meskipun begitu bukan berarti kita tidak dapat menggunakan jenis file system [FS] lain, karena sebenarnya ada begitu banyak alternatifnya bertebaran dengan lisensi gratis dan tentunya memilki keunggulan masing-masing.

Adalah JFS [Journaled File System], sebuah alternatif FS besutan IBM yang kabarnya memiliki performa tak kalah cepat dengan EXT4. Berangkat dari hal itu membawa saya untuk mencoba FS yang satu ini di lingkungan CentOS 6.4 untuk disandingkan dengan EXT4.

undefined

Soft Reset MikroTik 450G

Jun 302013

Berbeda dengan mayoritas artikel bergenre tutorial yang biasanya saya sajikan, kali ini saya coba angkat tentang MikroTik. Berhubung saya masih tergolong "anak kemarin sore" di dunia MikroTik, maka bahasan kali ini juga masih terbilang dasar. Tetapi semoga tulisan ini juga dapat memberikan manfaat yang berarti, tentunya bagi yang baru memulai mempelajari MikroTik atau yang sedang mengalami kendala yang sama dengan judul di atas.

Adalah MikroTik, sebuah nama besar yang seringkali menggetarkan hati dan pikiran saya tiap kali mendengarnya. Pasalnya sederhana, saya banyak belum memahami fitur maupun pengoperasionalan perangkat router asal Latvia tersebut. Jangankan "routing the world" seperti yang digunakan MikroTik sebagai slogan, routing the LAN saja saya masih terbata-bata. Ditambah lagi perusahaan tempat saya bekerja telah menjatuhi vonis, bahwa saya harus lebih mendalami jaringan komputer. Dengan semua kecemasan dan tekanan tersebut, saya beranikan diri untuk memulai menggurui diri sendiri dalam mempelajari sang Router Board [RB] mini ini.

undefined

Codegen M104 - Chassis Menengah Harga Murah

Jun 232013

Serupa dengan tinjauan produk besutan Codegen sebelumnya, kali ini saya mengangkat tipe M104 yang bergenre mikro ATX. Seperti kita ketahui bersama chassis dengan dimensi tersebut bisa dikatakan paling ramai digunakan, karena proprosional untuk kebutuhan periferal pengguna komputer pada umumnya.

Pada kesempatan ini ditShop berkesempatan berjumpa dengan M104 dan menjajalnya secara langsung dalam membangun komputer untuk keperluan server. Beberapa dari Anda mungkin masih sanksi atau bahkan asing jika bicara server tetapi menggunakan chassis dengan kasta desktop, karena umumnya yang digunakan adalah berbasis rackmount.

 

Spesifikasi M104

Sebelum saya uraikan penjelasan lengkap selama menjajal produk ini, baiknya kita simak tabel di bawah ini terkait fitur yang diusung M104.

Features  
 
Model No. M104-A1
 
Chassis Type M100 Serise
 
Motherboard Type mATX/ ATX up to 9.6"X9.6"
 
Drive Bays  
 
5.25" external for CD/DVD-ROM 2
 
5.25" internal 0
 
3.5" external for FDD/Card reader 2
 
3.5" internal for H.D.D
5
 
I/O Interface  
 
USB / MIC / SPK 2 / 1 / 1
 
Expansion Slots 4
 
Side Panel  
 
Prescott air duct Optional
 
1x8cm fan Optional
 
Cooling fans  
 
Front 1 x 8cm fan (Optional)
 
Rear 1 x 8cm or 1 x 9cm fan (Optional)
 
Top w/o
 
Side w/o
 
Net weight 4.10kgs
 
Gross weight 4.80kgs
 
Dimensions(D*W*H )mm 492 * 175 * 360mm
 
Carton box Dimensions 407 * 217 * 448mm
 
MEARS 1.40 CUFT
 
Container  
 
1 x 20hc 728pcs
 
1 x 40hc 1700pcs
 
 
Referensi : Codegen Group USA

 

Eksterior M104

Masih senada dengan mayoritas produk Codegen lainnya, M104 dirilis dengan paras sederhana di sisi luar. Hal ini tentunya bukan berarti kualitas produk ini tidak secantik tampilannya. Melainkan karena peruntukannya lebih ke sisi produktivitas. Dibalut dengan mayoritas warna hitam glossy dan sedikit perak di bagian depan, M104 menyediakan 2 buah slot USB dan audio [input dan output] di panel depan. Sebuah tombol power bersemayam di area kiri dan sepasang LED indikator tepat di bawahnya.

Bergeser ke area samping, kedua tutup chassis dapat dibuka agar memudahkan penggunakan dalam merakit periferal yang akan digunakan serta penataan kabelnya. Kedua tutup tersebut juga telah didesain untuk penambahan sebuah fan jika dibutuhkan. Tidak ketinggalan pula beberapa kelompok lubang berukuran kecil sebagai jalur ventilasi dari dan ke dalam chassis.

Menuju bagian belakang, terdapat 3 buah slot untuk pemasangan kartu periferal tambahan seperti kartu grafis maupun kartu lain berbasis PCI umumnya. Sebuah fan juga tersedia dan posisinya berdekatan dengan prosesor serta ventilasi dari PSU, jadi pembuangan udara panas lebih optimal saat beroperasi. Tidak ketinggalan area untuk penempatan back panel motherboard serta kumpulan lubang-lubang kecil guna ventilasi dari dalam PSU dan chassis.

 

Interior M104

Melangkah ke bagian dalam, Anda akan menjumpai sebuah power supply unit bawaan dengan daya sebesar 450W yang juga produk Codegen. Beberapa kabel untuk distribusi daya menjulur dari PSU cukup panjang agar dapat menjangkau ke seluruh bagian motherboard yang nantinya dipasang. 20 + 4 pin power chord sebagai penyalur daya utama ke motherboard, 4 pin power chord prosesor dan beberapa power chord IDE serta SATA juga tersedia untuk penyaluran daya ke hard disk drive, ODD atau periferal lainnya. Untuk kebutuhan front panel tersedia kabel power LED, HDD LED, power switch, dan ekstensi USB versi 2.0 serta audio.

Bersebrangan dengan PSU terdapat area untuk penempatan periferal ODD sebanyak 2 bay dan tidak kurang 7 slot hard disk drive yang dapat dipakai untuk tipe HDD maupun SSD. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan beberapa media penyimpanan internal.

Untuk pemasangan beragam periferal ke dalamnya, M104 juga dibekali beberapa jenis baut yang dikemas terpisah menggunakan plastik. Tidak ketinggalan pula sebuah kabel power sebagai media penghantar listrik dari stop kontak ke dalam PSU.

 

Penilaian M104

Setelah mempelajari produk ini serta mencobanya langsung dalam perakitan periferal di dalamnya, maka berikut ini hasil penilaian ditShop.

Kelebihan :

  • Antarmuka dengan desain minimalis, sehingga cocok untuk dipadankan dengan periferal luar lainnya di meja kerja maupun di rumah.
  • Bentuk simetris dan dimensi yang tidak terlalu besar tidak akan menyita banyak tempat serta mudah untuk dipindahkan.
  • Area untuk penempatan ODD, HDD dan SSD cukup banyak, tidak akan menyulitkan pengguna jika ingin menambahkan media penyimpanan internal lainnya. Posisi antar HDD atau SSD juga memiliki jarak yang cukup untuk sirkulasi udara.

Kekurangan :

  • Tidak terdapat tombol reset di front panel.
  • 2 buah slot USB di front panel masih versi 2.0.

 

Outro

Perkembangan teknologi komputer yang terus bergulir mendesak para produsen periferal untuk memenuhi aspek estetika pula. Hal ini terlihat dari makin reniknya ukuran periferal dari masa ke masa, begitu juga motherboard selaku periferal utama. Dengan ukuran yang makin mini tentunya akan lebih cantik lagi jika disandingkan dengan chassis minimalis seperti M104 milik Codegen Group USA. Harga yang relatif murah, fasilitas dan kualitas juga terjamin, menjadi alasan kuat bagi Anda yang sedang berburu chassis untuk kebutuhan rumahan, kantoran maupun produksi.

 

Jika Anda berminat dan ingin membeli produk ini, silakan hubungi ditShop di nomor ponsel 0812 1804 3881.

 

Menghitung Subnet Mask & Bits Mask [CIDR] IP Address V4 Secara Manual

Jan 092013

IP address, tentunya sudah bukan hal asing bagi Anda yang sudah sering berkecimpung dengan internet. Serupa dengan identitas personal, IP address digunakan di internet sebagai identitas sebuah mesin sebagai pengenal. Layaknya KTP di Indonesia yang bersifat unik dan personal serta tidak bisa dimiliki oleh beberapa orang berbeda [walaupun pada kenyataannya kadang bisa ada identitas ganda], IP address juga hanya dapat dimiliki atau digunakan oleh sebuah mesin.

Melangkah lebih dalam tentang IP address kita akan berjumpa dengan istilah subnet mask. Masih nda ingat? Biasanya orang menyebut 255.255.255.0. Nah, itulah subnet mask yang digunakan untuk membagi network sesuai kebutuhan. Contoh lain lagi mungkin Anda pernah mendapati subnet mask dalam format penulisan dengan tanda baca garis miring [Misal 180.235.148.0/26]. Masih berkaitan dengan pembagian network, hanya saja format penulisannya berbeda.

Bagi Anda yang berkecimpung dengan jaringan komputer dan masih belum memahami cara menghitung subnet mask dan mask bits [CIDR], maka nda ada salahnya untuk mengikuti bahasan berikut ini sebagai panduan. Mari kita mainkan.

undefined

Mengatasi Hard Disk Drive Sisa RAID yang Tidak Bisa Diformat di Linux CentOS

Jun 192012

Sebagai salah satu periferal penting di sistem komputer, hard disk drive [HDD] mengemban tugas untuk penyimpanan data. Mulai dari sistem operasi, file konfigurasi sampai data yang kita gunakan sehari-hari. Sejalan dengan penggunaannya, pastinya tetap akan ada penyusutan terhadap periferal ini yang berujung pada gagal fungsi periferal. Jika sudah begitu, pastinya Anda akan menyiapkan HDD penggantinya untuk disematkan di sistem.

Sebelum sebuah HDD dapat digunakan untuk operasional, tentunya harus melalui tahap formatting. Hal ini berlaku untuk semua sistem operasi, begitu juga Linux. Umumnya proses akan diawali dengan pembuatan partisi menggunakan fdisk, setelah itu masing-masing partisi diformat menggunakan mkfs.ext3.

undefined

Upgrade Versi & Migrasi Konten di osCommerce

Jan 192012

Merujuk pada informasi yang dikeluarkan oleh pihak pengembang PHP tentang kemunculan PHP 5.3.x, maka pengembangan versi 5.2.x sudah dihentikan. Di versi terbarunya ini PHP 5.3.x mengusung beberapa fitur baru di versi barunya dan pengamanan beberapa celah di versi sebelumnya. Masalahnya adalah ada cukup banyak fungsi di PHP 5.2.x yang tidak dikenali lagi di versi 5.3.x. Ini artinya para pengguna skrip PHP harus mengadakan penyesuaian fungsi yang dipakai agar situs dapat tetap berjalan sebagaimana mestinya.

undefined

Sisipkan Template Situs Paska Aktivasi si cPanel

Oct 282011

Bagi Anda yang bertugas dalam pengelolaan server menggunakan cPanel, melakukan aktivasi hosting baru tentunya sudah bukan hal yang asing. Dewasa ini bahkan sudah ada beberapa aplikasi billing yang dapat terintegrasi dengan WHM, sehingga proses aktivasi dapat dilakukan pula oleh staf billing yang pada umumnya tidak memiliki akses ke WHM secara langsung.

Selesai dengan aktivasi, maka domain sudah dapat diakses secara global di internet menggunakan sembarang browser. Masalahnya sekarang akun hosting yang baru saja diaktivasi tersebut pastinya masih kosong tanpa ada skrip situs. Dengan kondisi tersebut hanya akan menampilkan Index of saat domain dipanggil melalui browser. Hal tersebut seringkali membuat klien [khususnya yang masih awam] bingung dan beranggapan akun hosting-nya masih dalam proses aktivasi.

undefined

Atom

morat-marit enterprise - since 2004