DIT.web.id

sementara biarlah begini...

Codegen M104 - Chassis Menengah Harga Murah

23/06/13 | sembarang

Serupa dengan tinjauan produk besutan Codegen sebelumnya, kali ini saya mengangkat tipe M104 yang bergenre mikro ATX. Seperti kita ketahui bersama chassis dengan dimensi tersebut bisa dikatakan paling ramai digunakan, karena proprosional untuk kebutuhan periferal pengguna komputer pada umumnya.

Pada kesempatan ini ditShop berkesempatan berjumpa dengan M104 dan menjajalnya secara langsung dalam membangun komputer untuk keperluan server. Beberapa dari Anda mungkin masih sanksi atau bahkan asing jika bicara server tetapi menggunakan chassis dengan kasta desktop, karena umumnya yang digunakan adalah berbasis rackmount.

 

Spesifikasi M104

Sebelum saya uraikan penjelasan lengkap selama menjajal produk ini, baiknya kita simak tabel di bawah ini terkait fitur yang diusung M104.

Features  
 
Model No. M104-A1
 
Chassis Type M100 Serise
 
Motherboard Type mATX/ ATX up to 9.6"X9.6"
 
Drive Bays  
 
5.25" external for CD/DVD-ROM 2
 
5.25" internal 0
 
3.5" external for FDD/Card reader 2
 
3.5" internal for H.D.D
5
 
I/O Interface  
 
USB / MIC / SPK 2 / 1 / 1
 
Expansion Slots 4
 
Side Panel  
 
Prescott air duct Optional
 
1x8cm fan Optional
 
Cooling fans  
 
Front 1 x 8cm fan (Optional)
 
Rear 1 x 8cm or 1 x 9cm fan (Optional)
 
Top w/o
 
Side w/o
 
Net weight 4.10kgs
 
Gross weight 4.80kgs
 
Dimensions(D*W*H )mm 492 * 175 * 360mm
 
Carton box Dimensions 407 * 217 * 448mm
 
MEARS 1.40 CUFT
 
Container  
 
1 x 20hc 728pcs
 
1 x 40hc 1700pcs
 
 
Referensi : Codegen Group USA

 

Eksterior M104

Masih senada dengan mayoritas produk Codegen lainnya, M104 dirilis dengan paras sederhana di sisi luar. Hal ini tentunya bukan berarti kualitas produk ini tidak secantik tampilannya. Melainkan karena peruntukannya lebih ke sisi produktivitas. Dibalut dengan mayoritas warna hitam glossy dan sedikit perak di bagian depan, M104 menyediakan 2 buah slot USB dan audio [input dan output] di panel depan. Sebuah tombol power bersemayam di area kiri dan sepasang LED indikator tepat di bawahnya.

Bergeser ke area samping, kedua tutup chassis dapat dibuka agar memudahkan penggunakan dalam merakit periferal yang akan digunakan serta penataan kabelnya. Kedua tutup tersebut juga telah didesain untuk penambahan sebuah fan jika dibutuhkan. Tidak ketinggalan pula beberapa kelompok lubang berukuran kecil sebagai jalur ventilasi dari dan ke dalam chassis.

Menuju bagian belakang, terdapat 3 buah slot untuk pemasangan kartu periferal tambahan seperti kartu grafis maupun kartu lain berbasis PCI umumnya. Sebuah fan juga tersedia dan posisinya berdekatan dengan prosesor serta ventilasi dari PSU, jadi pembuangan udara panas lebih optimal saat beroperasi. Tidak ketinggalan area untuk penempatan back panel motherboard serta kumpulan lubang-lubang kecil guna ventilasi dari dalam PSU dan chassis.

 

Interior M104

Melangkah ke bagian dalam, Anda akan menjumpai sebuah power supply unit bawaan dengan daya sebesar 450W yang juga produk Codegen. Beberapa kabel untuk distribusi daya menjulur dari PSU cukup panjang agar dapat menjangkau ke seluruh bagian motherboard yang nantinya dipasang. 20 + 4 pin power chord sebagai penyalur daya utama ke motherboard, 4 pin power chord prosesor dan beberapa power chord IDE serta SATA juga tersedia untuk penyaluran daya ke hard disk drive, ODD atau periferal lainnya. Untuk kebutuhan front panel tersedia kabel power LED, HDD LED, power switch, dan ekstensi USB versi 2.0 serta audio.

Bersebrangan dengan PSU terdapat area untuk penempatan periferal ODD sebanyak 2 bay dan tidak kurang 7 slot hard disk drive yang dapat dipakai untuk tipe HDD maupun SSD. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan beberapa media penyimpanan internal.

Untuk pemasangan beragam periferal ke dalamnya, M104 juga dibekali beberapa jenis baut yang dikemas terpisah menggunakan plastik. Tidak ketinggalan pula sebuah kabel power sebagai media penghantar listrik dari stop kontak ke dalam PSU.

 

Penilaian M104

Setelah mempelajari produk ini serta mencobanya langsung dalam perakitan periferal di dalamnya, maka berikut ini hasil penilaian ditShop.

Kelebihan :

Kekurangan :

 

Outro

Perkembangan teknologi komputer yang terus bergulir mendesak para produsen periferal untuk memenuhi aspek estetika pula. Hal ini terlihat dari makin reniknya ukuran periferal dari masa ke masa, begitu juga motherboard selaku periferal utama. Dengan ukuran yang makin mini tentunya akan lebih cantik lagi jika disandingkan dengan chassis minimalis seperti M104 milik Codegen Group USA. Harga yang relatif murah, fasilitas dan kualitas juga terjamin, menjadi alasan kuat bagi Anda yang sedang berburu chassis untuk kebutuhan rumahan, kantoran maupun produksi.

 

Jika Anda berminat dan ingin membeli produk ini, silakan hubungi ditShop di nomor ponsel 0812 1804 3881.