DIT.web.id

sementara biarlah begini...

Fitur Modifikasi DNS Zone & MX di cPanel Untuk End User

Apr 202010

Seperti kita ketahui bersama [atau jika ada yang belum tahu], cPanel merupakan salah satu control panel server untuk keperluan web hosting yang bisa dibilang banyak dipakai. Beberapa keuntungan yang ditawarkan adalah kemudahan pengoperasian, otomatisasi kebutuhan web hosting, dan tidak ketinggalan tampilannya yang menarik.

Saat sebuah server menggunakan cPanel, maka secara otomatis disertai juga dengan WHM [Web Hosting Manager] yang merupakan area lebih lanjut untuk manajemen akun hosting. Di area WHM tersebut tersedia fitur-fitur yang tidak ditampilkan di area cPanel karena memang di desain begitu [agar ada hirarki kewenangan]. Secara sederhana, klien shared hosting hanya memiliki akses ke cPanel dengan fitur terbatas, sedangkan klik reseller hosting memiliki akses ke cPanel dan WHM.

Bersamaan dengan munculnya rilis terbaru cPanel, saya jumpai adanya beberapa perubahan. Mulai dari ikon, formulir di beberapa fitur sampai penambahan fitur. Dari sekian banyak perubahan, fitur modifikasi DNS zone dan MX-lah yang menarik perhatian saya.

undefined

Fitur DNS Zone Di WHM

Selama ini [pada umumnya], fitur DNS zone hanya diberikan kepada klien reseller hosting. Di beberapa penyedia layanan web hosting bahkan fitur modifikasi DNS zone masih dibatasi [tidak diberikan secara penuh]. Adapun fitur DNS zone selengkapnya yang tersedia di WHM adalah sebagai berikut :

  • Add a DNS Zone, untuk membuat sebuah DNS zone baru.
  • Add an A Entry for your Hostname, untuk menambahkan sebuah A [address] record pada sebuah DNS zone.
  • Delete a DNS Zone, untuk menghapus sebuah atau beberapa DNS zone yang sudah ada.
  • Edit DNS Zone, untuk modifikasi sebuah DNS zone.
  • Edit MX Entry, untuk membuat atau modifikasi MX [mail exchanger] pada sebuah DNS zone.
  • Edit Zone Templates, untuk modifikasi pola DNS zone yang dipakai.
  • Establish a Trust Relationship with a Primary Nameserver, untuk menjalin relasi dan penyeragaman DNS zone di beberapa server yang terhubung.
  • Park a Domain, untuk menambahkan alias dari sebuah domain.
  • Perform a DNS Cleanup, untuk membersihkan file DNS zone yang korup.
  • Reset a DNS Zone, untuk mengembalikan pola DNS zone ke awal.
  • Setup/Edit Domain Forwarding, untuk membuat atau modifikasi redireksi sebuah domain.
  • Synchronize DNS Records, untuk menyeragamkan semua DNS zone yang ada antar server yang terhubung.

Seluruh fitur DNS di atas sebenarnya tersedia di WHM yang terangkum dalam kategori DNS functions, hanya saja memang tidak seluruhnya diberikan kepada klien [sekalipun reseller]. Selain untuk alasan keamanan [kamus DNS zone yang ada] atau mungkin ada yang menjualnya secara terpisah sebagai strategi dagang [yang ini jangan tanya saya].

 

Angin Segar Untuk Pengguna Shared Hosting

Sekian lama saya bekerja di perusahaan penyedia layanan web hosting, boleh dibilang versi cPanel kali cukup memberikan masukan penting bagi klien shared. Betapa tidak, selama ini para klien shared dibuat tak berdaya saat berhadapan dengan kebutuhan modifikasi DNS dan MX.

Sebut saja salah satu contoh yang marak selama ini adalah saat klien ingin menggandengkan layanan Google Applications di hosting-nya, yang sudah pasti membutuhkan modifikasi DNS zone untuk modifikasi CNAME [Canonical Name] dan MX [Mail Exchanger]. Jika sudah begitu, mau nda mau klien harus menghubungi pihak teknikal penyedia web hosting agar dibantu dalam penyesuaian DNS zone yang dibutuhkan [ato jangan-jangan ada penyedia web hosting yang mengharuskan klien membayar terlebih dahulu? semoga tidak ada].

Dengan munculnya fitur Simple dan Advanced DNS Editor serta penyempurnaan fitur MX entry inilah para klien shared hosting dapat bernafas lega, karena ketiga fitur tersebut memang didesain untuk membantu klien shared saat ingin membuat atau melakukan modifikasi DNS zone dan MX hosting-nya. Ketiga fitur tersebut [harusnya] muncul di tampilan cPanel jika server terkait sudah menggunakan versi 11.25.

 

Simple VS Advanced DNS Editor

Dibagian ini saya akan coba bahas lebih lanjut tentang fitur Simple dan Advanced DNS Editor berupa tabel perbandingan agar lebih mudah dipahami. Simak selengkapnya di bawah ini.

Fitur Simple DNS Zone Editor Advanced DNS Zone Editor
A ya ya
CNAME ya ya
TXT tidak ya
Reset tidak ya
Dokumentasi klik di sini klik di sini
Catatan : Jangan lupa untuk selalu menyertakan tanda baca titik [.] saat penulisan CNAME tujuan.

 

MX Editor

Masih dari tampilan cPanel, perhatikanlah kategori Mail dan Anda akan menjumpai salah satu opsi bernama MX entry. Fitur tersebut sebenarnya sudah ada di versi cPanel sebelumnya, hanya saja di versi terbaru ini tampil lebih user friendly dan disajikan dengan ajax seperti fitur-fitur lainnya.

Melanjutkan contoh sebelumnya, diasumsikan Anda ingin menggunakan fitur Google Applications dan harus melakukan perubahan MX di DNS zone. Kliklah opsi [MX entry] di tampilan cPanel dan Anda akan dibawa ke tampilan modifikasi MX.

  1. Secara default MX yang dipakai adalah milik hosting, untuk itu pilihlah opsi [Remote Mail Exchanger] dibagian email routing dan jangan lupa mengklik tombol [change] untuk menerapkannya.
  2. Melangkah ke bagian add new record, Anda dapat mulai menambahkan daftar MX baru [dalam hal ini milik google] yang ingin dipakai. Tentukanlah prioritas [priority] tiap MX yang dibuat dan tuliskan nama MX tujuannya [destination] diikuti pengeklikan tombol [add new record]. Dengan cara serupa, ulangi kembali langkah ini untuk menambahkan MX lain yang Anda butuhkan. Adapun daftar MX Google yang bisa dipakai serta prioritasnya dapat dilihat di bawah ini.

    Prioritas MX Tujuan
    5 aspmx.l.google.com.
    10 alt1.aspmx.l.google.com.
    10 alt2.aspmx.l.google.com.
    15 aspmx2.googlemail.com.
    15 aspmx3.googlemail.com.


  3. Jika ingin menghapus [delete] MX tertentu atau ingin modifikasi ulang [edit], Anda dapat melakukannya dibagian MX records. Jangan lupa untuk selalu menyertakan tanda baca titik [.] saat penulisan MX tujuan.

 

Outro

Nah, setelah mengenali dan mempelajari ketiga fitur cpanel di atas, Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin melakukan modifikasi DNS dan MX walaupun hanya sebatas klien shared hosting. Cukup login ke cPanel dan semuanya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Yang jelas, nda perlu repot-repot menghubungi pihak penyedia web hosting lagi. Tapi kalo memang butuh panduan mereka, ya nda apa didiskusikan terlebih dahulu sembari belajar. Selamat mencoba.

There are no published comments.

New comment

Atom

morat-marit enterprise - since 2004