DIT.web.id

sementara biarlah begini...

Hapus Email Secara Otomatis Menggunakan Cronjob di cPanel

Jan 022011

Hari ini : You've got 5 new mails in your inbox.
3 hari kemudian : You've got 50 mails in your inbox.
7 hari kemudian : You've got mail quota exceeded.

Melalui 3 baris ilustrasi di atas mungkin bisa menggambarkan masalah yang pernah atau sedang Anda alami saat ini. Wajar saja, selain menerima email dari teman, rekan kerja dan keluarga, tidak jarang email yang tidak diinginkan [spam] juga hadir menyesakkan kotak surat Anda. Kondisi tersebut lebih didukung lagi jika Anda tidak cukup rajin dan rutin untuk membersihkan kotak surat. Lama-kelamaan pasti akan penuh juga dan email yang datang dijamin tidak akan bisa diterima, karena tidak ada ruang kosong lagi di hosting Anda.

undefined

Analisa

Berangkat dari masalah dan komplen beberapa klien terkait kasus di atas, maka artikel lawas ini kembali saya sajikan sebagai salah satu alternatif solusinya. Ide awalnya adalah menghapus konten mail di kotak surat secara otomatis dalam interval tertentu dan berlangsung secara otomatis. Dengan begitu ke depannya tidak akan ada lagi email yang mental karena kotak surat penuh.

Di artikel terdahulu proses penghapusan email dilakukan tanpa pandang bulu, maksudnya adalah semua konten email akan dihapus saat interval waktunya dicapai. Hal tersebut akan menjadi masalah jika ada surat baru yang masuk dan belum Anda baca, semuanya akan dihapus tanpa kecuali. Untuk itu, di bahasan kali ini akan dilakukan proses pembanding juga berdasarkan umur email-nya. Jika file surat yang lebih lama dari 5 hari, maka jangan dihapus, selebihnya langsung hapus saja [diasumsikan sudah dibaca].

Proses pengeksekusian skrip penghapusan akan dilakukan tiap minggu dan berlangsung secara otomatis, jadi dapat memanfaatkan fitus cronjob yang tersedia di cPanel Anda. Karena umumnya email yang diinginkan diterima selama jam kerja, maka proses penghapusannya akan dilakukan di luar jam kerja, misalnya jam 03:00 WIB. Sedangkan untuk harinya dipilih Minggu agar saat memasuki hari kerja nanti kotak surat dalam keadaan siap menerima email baru.

 

Tuangkan Pemikiran

Berbekalkan beberapa analisa di atas, mari kita awali langkah di tahun baru ini dengan meracik skripnya. Mari kita tuangkan pemikiran awal di tahap analisa menjadi skrip secara bertahap.

  1. Hapus file surat yang lebih tua dari 5 hari. Kita bisa menggunakan perintah internal Linux untuk melakukan pencarian dan pembandingan, yaitu find. Sedangkah untuk penghapusan file menggunakan perintah rm.

    find /home/username/mail/domain.apa/akun/cur/* -mtime +5 -exec rm {} ;
    
    Catatan :
    Ubahlah username dengan username cPanel Anda.
    Ubahlah domain.apa dengan nama domain Anda.
    Ubahlah akun dengan nama akun mail Anda. 
  2. Penghapusan dilakukan pada pukul 03:00 WIB di hari yang ketujuh tiap minggunya. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa bangsa Cron adalah seperti di bawah ini.

    0 	3 	* 	* 	0
  3. Langkah teknikal akhir adalah menggabungkan kedua langkah di atas menjadi satu di dalam sebuah jadwal di Cron Jobs cPanel.

    0 	3 	* 	* 	0 	find /home/username/mail/domain.apa/akun/cur/* -mtime +5 -exec rm {} ;

Menuai Hasil

Setelah mempelajari, menganalisa dan menerapkan tahapan² di atas, maka kini tiba saatnya untuk menuai hasilnya. Anda cukup menunggu sampai interval waktu yang telah ditentukan dicapai. Cobalah untuk memeriksa hasilnya berikutnya dengan cara melihat email terakhir yang tersimpan di kotak surat. Niscaya email yang paling lama adalah yang umurnya 5 hari lalu dan email terbaru tetap tersedia.

 

Outro

Nah, dengan trik sederhana di atas, kini Anda tidak perlu khawatir lagi saat sedang bepergian atau sedang malas memeriksa kotak surat. Jika rumusan di atas masih kurang ampuh, Anda cukup melakukan sedikit modifikasi di skrip penghapusannya, misalnya diturunkan menjadi menghapus email yang lebih lama dari 4 hari.

Trik sederhana ini juga dapat meringankan beban kerja Anda jika berurusan dengan manajemen akun email perusahaan yang jumlah akun email-nya banyak dan pemilik akun email-nya cenderung kurang paham atau mungkin malas untuk menghapus email yang sudah tidak dibutuhkan. Pastikan saja untuk mensosialisasikan ketentuan ini kepada seluruh pemilik akun email agar mereka juga tidak kaget dan melakukan pencadangan email penting ke masing² PC atau laptop sebelumnya. Selamat mencoba.

There are no published comments.

New comment

Atom

morat-marit enterprise - since 2004