DIT.web.id

sementara biarlah begini...

Hosting dengan Multiple Accounts di Server cPanel

May 112010

Sebenarnya kasus lama yang kadang masih suka nyempil di pikiran, "bisa gak sih 1 hosting punya beberapa akun untuk login-nya?" Pertanyaan itu yang pernah saya terima beberapa kali dari pengguna² cPanel. Jawaban saya kontan waktu itu adalah tidak bisa. Kenapa tidak bisa? Karena di sistem nda bisa ada user yang sama. Selama ini saya melenggang bermodalkan jawaban itu, tapi masalahnya adalah apakah benar tidak bisa?

undefined

Analisa

Sepintas memang argumen di atas benar, bahwa di sistem operasi *nix tidak bisa ada user yang sama. Jika dikaitkan dengan lingkungan cPanel, sebuah domain tidak bisa dimiliki oleh beberapa user. Itu sebabnya cPanel tidak mendukung beberapa akun [multiple accounts].
Semalam kebetulan tidur lebih awal [walaupun cuma 2 jam] dan dini hari sudah terjaga kembali. Bangun dalam keadaan lapar dan tidak ada kerjaan membawa saya ke layar hitam.

Kondisinya adalah tidak bisa ada akun yang sama di sistem operasi dan tidak bisa sebuah domain dimiliki oleh beberapa user. Dari pernyataan tersebut, berarti kalau beda user seharusnya bisa. Berangkat dari situ, saya coba tambahkan sebuah user baru di sistem.
Agar lebih mudah dalam pemahaman artikel ini, saya ambil contoh ada sebuah hosting cPanel untuk domain gorengan.info. Akun hosting tersebut menggunakan gorengan sebagai username cPanel. Berikutnya akan dicoba menambahkan user baru bernama cireng. Jadi nantinya jika berhasil saya dapat login ke cPanel gorengan.info menggunakan username gorengan maupun cireng dengan password berbeda. Analisa sudah selesai, sekarang saatnya melangkah ke tahap percobaan.

 

Percobaan

Setelah melakukan percobaan beberapa kali dan dihempas kegagalan, akhirnya titik cerah saya dapati. Pengaksesan cPanel menggunakan username gorengan dan cireng berhasil dilakukan untuk hosting gorengan.info. Jika berminat untuk mencoba, silakan ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  1. Login ke shell dan beralihlah ke direktori kerja Anda.
  2. Buatlah sebuah user baru di sistem, lalu tentukan kata kuncinya.

    root@skatebored [~]# useradd cireng
    root@skatebored [~]# passwd cireng
    New UNIX password:
    BAD PASSWORD: it is based on a dictionary word
    Retype new UNIX password:
    passwd: all authentication tokens updated successfully.
  3. Periksa UID, GID dan nama grup user gorengan. Lakukan juga pemeriksaan untuk user cireng.

    root@skatebored [~]# id gorengan
    uid=660(gorengan) gid=657(gorengan) groups=657(gorengan)
    root@skatebored [~]# id cireng
    uid=32010(cireng) gid=32013(cireng) groups=32013(cireng)
  4. Modifikasi UID, GID dan grup user cireng.

    root@skatebored [~]# replace "cireng:x:32013:" "cireng:x:657:" -- /etc/group
    /etc/group converted
    root@skatebored [~]# replace "cireng:x:32010:32013::/home/cireng:/bin/bash" "cireng:x:660:657::/home/gorengan:/bin/bash" -- /etc/passwd
    /etc/passwd converted
    root@skatebored [~]# 
  5. Buatkan shortcut file konfigurasi user cPanel gorengan untuk user cireng, lalu sesuaikan konten file konfigurasinya.

    root@skatebored [~]# ln -s /var/cpanel/users/gorengan /var/cpanel/users/cireng

Menuai Hasil

Setelah menempuh kelima langkah sederhana di atas, kini tiba saatnya untuk melakukan pengujiannya. Gunakan sembarang browser untuk mengakses cPanel hosting gorengan.info dan lakukan validasi akunnya menggunakan username gorengan. Berikutnya Anda akan dibawa ke tampilan utama cPanel hosting tersebut. Sudahi sesinya dengan cara mengklik tombol [LOGOUT] di pojok kanan-atas, lalu login kembali, tetapi kali ini gunakan cireng sebagai username-nya. Tidak berselang lama, Anda kembali berada di dalam cPanel hosting gorengan.info. Seluruh fitur yang tersedia juga berfungsi sebagaimana mestinya. Am i great or what...

 

Outro

Nah, berbekalkan artikel trik kali ini, sekarang Anda dapat memenuhi permintaan klien jika ada yang membutuhkan akun lain untuk login ke hosting yang sama. Trik ini juga berlaku untuk proses kirim-terima file via FTP. Jadi, kalau sekarang ditanya lagi, "Bisa gak sih 1 hosting punya beberapa akun untuk login ke cPanel-nya?", sudah tahu kan jawabannya? ;) Selamat mencoba.

There are no published comments.

New comment

Atom

morat-marit enterprise - since 2004