DIT.web.id

sementara biarlah begini...

Membuat Penginstal Windows 7 di Flash Disk Tanpa Software Bantu

Feb 232016

Semua pengguna komputer umumnya sudah pernah melakukan instalasi, entah sistem operasi maupun aplikasi. Saat berhadapan dengan komputer yang masih baru, pastinya pengguna harus terlebih dahulu melakukan instalasi sistem operasinya. Source sistem operasi biasanya dalam bentuk piringan CD atau DVD. Masalahnya sekarang adalah, bagaimana jika instalasi sistem operasi akan dilakukan di komputer yang tidak memiliki ODD [Optical Disc Drive]? Membeli piranti ODD atau pinjam dari komputer lain jelas bukan hal yang efisien.

Berangkat dari masalah tersebut, terpikirkanlah untuk membuat media penginstal lain yang medianya bisa dibilang tersedia disegala jenis komputer, yaitu USB [Universal Serial Bus]. Bahasan kali ini saya angkat tema pembuatan penginstal untuk sistem operasi Microsoft Windows 7 karena memang sudah banyak dipakai saat ini.

undefined

Analisa

Berikut ini adalah beberapa komponen yang harus disiapkan untuk membuat penginstal Windows 7 ke dalam sebuah flash disk.

  • Sebuah flash disk dengan kapasitas pakai minimal 4GB.
  • Source Microsoft Windows 7 [boleh dari media DVD atau ISO yang telah dikaitkan ke sistem].
  • Sebuah port USB di komputer atau laptop.


Meracik Penginstal

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk membuat penginstalnya.

Format UFD
Mulailah dengan formatting flash disk yang akan difungsikan sebagai penginstal. Langkah ini juga sekaligus untuk memastikan bahwa flash disk dalam keadaan baik. Formatting bisa Anda lakukan dari Windows Explorer seperti biasa dan tunggulah sampai selesai.

Command Prompt As Administrator
Karena proses pembuatan membutuhkan kewenangan user administrator, maka piculah jendela Command Prompt sebagai Administrator. Anda cukup mengklik kanan shortcut Command Prompt yang tersedia di menu Start, lalu pilihlah opsi [Run as Administrator].

Diskpart
Kita akan menggunakan aplikasi internal Windows, yaitu diskpart. Simak detil langkahnya di bawah ini.

  1. Eksekusi perintah diskpart untuk masuk ke dalam konsolnya.
  2. Eksekusi perintah list disk untuk melihat daftar media penyimpanan yang tersedia di sistem.
  3. Pilihlah flash disk yang akan dipakai sebagai penginstal dengan perintah select disk x [dimana x adalah angka yang mewakili flash disk Anda].
  4. Bersihkan konten flash disk dengan perintah clean.
  5. Buatlah partisi utama dengan perintah create partition primary.
  6. Pilihlah partisi yang telah dibuat dengan perintah select partition 1.
  7. Aktifkan partisi terpilih dengan perintah active.
  8. Ubah jenis file system menjadi NTFS dengan perintah format fs=ntfs dan tunggulah sampai selesai.
  9. Kaitkan flash disk ke sistem dengan perintah assign. Flash disk akan kembali muncul di sistem paska perintah ini.
  10. Keluar dari konsol diskpart dengan perintah exit.

Source Microsoft Windows 7
Flash disk sudah bisa menampung source sistem operasi, silakan siapkan source Microsoft Windows 7 Anda via piranti optik atau file ISO yang telah dikaitkan ke sistem. Berikutnya ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk finalisasi pembuatan penginstalnya.

  1. Masih dari jendela command prompt, beranjaklah ke dalam direktori boot source Microsoft Windows 7.
  2. Buatkan boot manager di flash disk dari source dengan perintah bootsect.exe /nt60 x: [dimana x adalah huruf yang mewakili drive flash disk Anda].
  3. Kembali ke drive utama source Microsoft Windows 7 dengan perintah cd .. diikuti penekanan tombol Enter di keyboard.
  4. Kopikan seluruh konten dari source Microsoft Windows 7 ke dalam flash disk dengan perintah xcopy /aeh * x: [dimana x adalah huruf yang mewakili drive flash disk Anda].
  5. Selesai dengan penyalinannya, eksekusilah perintah exit untuk menutup jendela command prompt.

 

Mencicipi

Selesai dengan langkah² di atas, kini tiba saatnya untuk mencicipi kemampuan penginstal Anda. Tancapkan flash disk ke sembarang port USB yang tersedia di komputer atau laptop, lalu reboot sistem. Paska tampilan BIOS, tekanlah tombol untuk menampilkan menu loader di komputer Anda. Pilih opsi yang mewakili flash disk Anda dan lanjutkan proses boot. Tidak berselang lama, proses akan membawa Anda ke tampilan instalasi sistem operasi Microsoft Windows 7.

 

Outro

Ternyata mudah kan membuat penginstal Windows 7 di UFD ;) Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin melakukan instalasi tetapi tidak ada piranti optik yang tersedia. Selamat mencoba.

 

 

There are no published comments.

New comment

Atom

morat-marit enterprise - since 2004