DIT.web.id

sementara biarlah begini...

Menambahkan Blog di Hosting cPanel ke Blogspot/Blogger

09/02/16 | web hosting

Sejalan dengan waktu sesekali mungkin Anda berpikir untuk menuliskan sebuah ide segar atau sekedar sharing pemikiran Anda dalam blog. Dikarenakan beberapa hal tertentu, mungkin rencana Anda tersebut harus tertunda untuk pelaksanaannya, sebut saja karena ketersediaan freespace yang kurang memadahi. Jika hal tersebut yang sedang Anda hadapi, maka bisa jadi artikel ini tepat adanya untuk diterapkan. Memanfaatkan layanan dari Blogspot atau Blogger, maka Anda dapat menuangkan berbagai tulisan sederhana dan tanpa dikenakan biaya apapun.

undefined

 

Persiapan

Dikisahkan Anda telah memiliki sebuah domain dengan nama dit.web.id dan menggunakan layanan hosting berbayar yang dilengkapi dengan cPanel. Situs resmi dan aktivitas korespondensi menggunakan email telah berjalan dengan baik selama ini. Kini tiba waktunya Anda ingin berbagi tulisan melalui blog dan nantinya dapat diakses via URL blogger.dit.web.id, dimana saat URL tersebut diakses akan ditampilkan konten blog Anda yang tersimpan di Blogspot atau Blogger. Untuk itu yang perlu Anda lakukan sebagai awalan adalah mendaftar di Blogspot atau Blogger.

 

Konfigurasi di Blogspot atau Blogger

Setelah akun Blogspot atau Blogger Anda aktif dan siap digunakan, login ke dalamnya, lalu ikutilah beberapa langkah di bawah ini.

  1. Di halaman utama [dashboard], kliklah tombol Blog Baru untuk menambahkan blog baru Anda.
    undefined
  2. Isikan judul blog Anda di bagian Judul, alamat di bagian Alamat, pilih sembarang template yang disukai di bagian Template dan klik tombol Buat blog! untuk menyimpan.
    undefined
  3. Berikutnya dashboard blog baru Anda akan tampil dengan beberapa menu konfigurasi di sisi kiri. Cari dan kliklah Setelan agar menu konfigurasinya ditampilkan di sisi kanan.
    undefined
  4. Lanjutkan dengan mengklik link + Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda di bagian Penerbitan untuk mendaftarkan subdomain yang Anda inginkan [dalam contoh kasus di atas berarti blogger.dit.web.id] dan klik tombol Simpan.
    undefined
    undefined
  5. Sebaris pesan kesalahan akan tampil, yaitu Kami tidak dapat memverifikasi otoritas Anda untuk domain ini. Kesalahan 12. Bersamaan dengan itu terdapat 2 buah record CNAME diberikan untuk mengaitkan subdomain dengan blog Anda.
    undefined
Catatan :

Sampai di tahapan ini konfigurasi di panel Blogspot atau Blogger Anda hampir usai. Berikutnya konfigurasi dilanjutkan di panel hosting [cPanel] Anda untuk mendaftarkan kedua record CNAME yang telah didapatkan. Untuk itu biarkan panel Blogspot atau Blogger Anda tetap terbuka, lalu bukalah tabulasi baru di browser Anda dan akseslah panel hosting-nya.

 

Konfigurasi di Panel Hosting [cPanel]

Pengaksesan panel hosting dimulai dengan pengisian username dan password akun hosting-nya. Setelah berhasil masuk, ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  1. Cari dan kliklah fitur Advanced DNS Editor di kategori DOMAINS.
    undefined
  2. Penambahan record DNS dilakukan di bagian Add a Record. Pilihlah opsi CNAME di dropdown menu Type, isikan blogger di Name, 3600 di TTL dan ghs.google.com di CNAME. Akhiri dengan mengklik tombol Add Record. Apabila Anda ingin konten blog Anda nantinya diakses menggunakan format URL www.domainanda.apa, maka ubahlah record www yang sudah ada di DNS zone hosting sesuai contoh [menggantikan blogger dalam contoh].
    undefined
  3. Dengan cara yang sama, tambahkanlah record berikutnya. Pilihlah opsi CNAME di dropdown menu Type, isikan ifiecxb57zmx di Name, 3600 di TTL dan gv-afsahf2qvlycfs.dv.googlehosted.com di CNAME. Akhiri dengan mengklik tombol Add Record.
    undefined
Catatan :

Konfigurasi di panel hosting telah selesai dengan terdaftarnya 2 record CNAME seperti contoh di bawah ini. Isian blogger, ifiecxb57zmx dan gv-afsahf2qvlycfs.dv.googlehosted.com tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan record yang Anda terima.

Selesai dengan konfigurasi di panel hosting, beralihlah kembali ke tabulasi panel Blogspot atau Blogger Anda sebelumnya dan ikuti langkah pamungkas di bawah ini.

 

Konfigurasi di Panel Blogspot atau Blogger [Lanjutan]

Sebagai pengingat, bahwa di konfigurasi panel Blogspot atau Blogger sebelumnya berujung pada munculnya pesan kesalahan karena record CNAME yang belum di buat. Karena saat ini kedua record CNAME yang diberikan sudah terkonfigurasi di panel hosting, maka ikutilah langkah berikutnya.

Kliklah tombol Simpan agar Blogspot atau Blogger melakukan verifikasi ulang ke sisi server hosting. Tidak berselang lama akan muncul informasi bahwa proses verifikasi berhasil dan dengan begitu selesai pula rangkaian prosesnya.

undefined

Saat ini Anda sudah bisa mengakses subdomain melalui browser dan konten dari Blogspot atau Blogger yang mewakilinya pun akan muncul seperti contoh di bawah ini.

undefined

Apabila saat pengaksesan menjumpai pesan error 404 seperti contoh tampilan di bawah ini, maka besar kemungkinan koneksi internet yang Anda gunakan belum mengenali record DNS yang telah dibuat. Hal ini dikenal dengan istilah propagasi DNS dan lamanya bervariasi di masing-masing penyedia layanan internet.

undefined

Penutup

Usai sudah rangkaian untuk mengalihkan blog menggunakan Blogspot atau Blogger. Dengan panduan di atas kini Anda dapat tetap memiliki blog menggunakan domain pribadi berupa subdomain. Semoga paparan di artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.