DIT.web.id

sementara biarlah begini...

Menggunakan Fitur Parked [Aliases] atau Addon Domain di cPanel

Feb 122016

Salah satu fitur yang digemari oleh pengguna layanan web hosting adalah multiple domains, yaitu dalam sebuah akun hosting dapat memuat beberapa domain. Ini artinya pengeluaran biaya sewa hosting pun dapat lebih hemat, karena tidak perlu menyewa hosting untuk tiap domain yang dimiliki. Adapun dua jenis multiple domains adalah parked domain dan addon domain yang keduanya didukung oleh cPanel. Terlebih dahulu mari kita kenali apa fungsi dari kedua jenis fitur tersebut agar dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

undefined

Parked Domain [Aliases]

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyematkan beberapa domain dalam sebuah hosting, akan tetapi konten situsnya sama. Seringkali parked domain juga disebut sebagai domain aliasing. Pada saat parked domain diakses melalui browser, maka konten website yang ditampilkan adalah milik domain utama meskipun domain yang tertera di address bar berbeda.

Sebagai contoh terdapat sebuah akun hosting dengan domain utama dit.web.id, lalu ingin menambahkan domain baru sebagai aliasnya yaitu dit.co.id. Paska menambahkan domain dit.co.id di hosting, maka saat domain dit.web.id atau dit.co.id diakses melalui browser, maka konten situs yang tampil sama.

 

Addon Domain

Serupa dengan fungsi yang ditawarkan oleh parked domain hanya saja menggunakan fitur ini maka saat addon domain diakses melalui browser, maka konten website yang ditampilkan berbeda. Ini artinya tiap domain seolah-olah memiliki hosting tersendiri walaupun sebenarnya masih tetap dalam sebuah hosting.

Sebagai contoh terdapat sebuah akun hosting dengan domain utama dit.web.id, lalu ingin menambahkan domain baru dengan fungsi berbeda [misalnya akan difungsikan sebagai toko online] yaitu ditshop.web.id. Paska menambahkan domain ditshop.web.id di hosting, maka saat domain dit.web.id akan menampilkan konten website-nya sendiri dan begitu pula dengan ditshop.web.id saat diakses melalui browser, maka konten situs toko online yang akan tampil.

 

Menggunakan Parked & Addon Domain

Silakan ikuti panduan langkah di bawah ini untuk menggunakan fitur parked atau addon domain di cPanel.

  1. Arahkan domain baru ke hosting yang ingin ditumpanginya dengan cara mengisikan name server hosting tujuan.
  2. Akses cPanel dan lakukan validasi akunnya di formulir yang tampil.
  3. Cari dan pilih opsi Parked Domain atau Addon Domain di kategori Domains.
  4. Isikan nama domain baru yang ingin ditambahkan ke hosting.
  5. Tunggu beberapa saat untuk masa propagasi DNS dan cobalah mengakses domain-nya melalui sembarang browser.
Catatan : Khusus untuk fitur addon domain, sebuah direktori baru di dalam publichtml akan muncul sesuai nama domain yang ditambahkan. Di dalam direktori itu pula dapat disimpan skrip website-nya.

 

Setelah mengenali dan mencoba fitur parked atau addon domain di cPanel, kini Anda dapat memaksimalkan fungsi hosting sesuai dengan kebutuhan meskipun dengan biaya yang dikeluarkan terbilang kecil. Selamat mencoba.

There are no published comments.

New comment

Atom

morat-marit enterprise - since 2004