DIT.web.id

sementara biarlah begini...

Menggunakan JFS Sebagai Alternatif File System di Linux

11/07/13 | sembarang

Sebagai salah satu perangkat lunak utama, tentunya kita telah mengenal beberapa nama seperti EXT2, EXT3 atau EXT4 yang saat ini telah terintegrasi di Linux CentOS 6.x. Meskipun begitu bukan berarti kita tidak dapat menggunakan jenis file system [FS] lain, karena sebenarnya ada begitu banyak alternatifnya bertebaran dengan lisensi gratis dan tentunya memilki keunggulan masing-masing.

Adalah JFS [Journaled File System], sebuah alternatif FS besutan IBM yang kabarnya memiliki performa tak kalah cepat dengan EXT4. Berangkat dari hal itu membawa saya untuk mencoba FS yang satu ini di lingkungan CentOS 6.4 untuk disandingkan dengan EXT4.

undefined

Preparasi

Karena JFS bukanlah FS default CentOS dan tidak terdapat di repositori CentOS, maka terlebih dahulu ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan agar JFS dapat dikenali dan berfungsi di CentOS.

Journaled For Speed

Selesai dengan semua persiapan di tahapan sebelumnya, kini tiba waktunya untuk melaju lebih cepat bersama JFS.

 

Menggunakan Partisi JFS

Tibalah di tahapan terakhir, yaitu menggunakan partisi JFS yang telah dibuat.

 

FSCK?

Bagi yang telah akrab dengan FS extended tentunya juga sudah pernah berjumpa dengan FSCK. Mungkin hal ini pula yang menimbulkan pertanyaan lebih lanjut tentang penggunaan JFS kaitannya dengan recovery partisi. Anda tidak perlu khawatir saat menggunakan JFS, karena tersedia pula fsck.jfs untuk keperluan fsck partisinya.

[root@pucit ~]# fsck.jfs
fsck.jfs version 1.1.13, 17-Jul-2008
processing started: 7/11/2013 2.56.15

Error: Device not specified or command format error

Usage: fsck.jfs [-afnpvV] [-j journal_device] [--omit_journal_replay] [--replay_journal_only] device

Emergency help:
-a Automatic repair.
-f Force check even if file system is marked clean.
-j journal_device Specify external journal device.
-n Check read only, make no changes to the file system.
-p Automatic repair.
-v Be verbose.
-V Print version information only.
--omit_journal_replay Omit transaction log replay.
--replay_journal_only Only replay the transaction log.
[root@pucit ~]#

Berbekalkan beberapa parameter di atas, Anda dapat melakukan fsck sesuai kebutuhan terhadap sembarang partisi JFS. Tidak berbeda dengan proses format partisi mengguanakan JFS, proses fsck JFS juga membutuhkan waktu yang sangat singkat bila dibandingkan dengan FS extended.

Outro

Usai sudah ulasan kali ini tentang JFS. Walaupun sederhana, tentunya saya harapkan dapat memberikan pemahaman yang cukup mudah bagi Anda yang ingin berkenalan dengan JFS serta manajemen partisinya. Tentunya sekarang Anda bisa memiliki opsi dalam penggunaan FS di Linux untuk kebutuhan operasional pribadi maupun produksi. Selamat mencoba.