DIT.web.id

sementara biarlah begini...

Sisipkan PrestaShop ID di Softaculous

24/02/16 | web hosting

Tema bahasan kali ini sebenarnya bukan hal baru, karena artikel serupa pernah juga disajikan, hanya saja berbeda aplikasi. Adapun tulisan kali ini kembali mengangkat Softaculous sebagai aplikasi bantu penginstal yang marak digunakan oleh penyedia layanan web hosting terkini.

Melihat tingginya pengguna PrestaShop nasional tersebut, saya coba porting aplikasi tersebut ke Softaculous agar pengguna juga lebih mudah saat ingin melakukan instalasi. Tujuan lainnya adalah minimalisasi penggunaan ruang penyimpanan, karena PrestaShop ID ini hanya membutuhkan ruang kisaran 7MB saja.

Adapun beberapa langkah yang harus dilakukan sebagai persiapan adalah mengunduh aplikasi terkait ke server, lalu melakukan beberapa penyesuaian konfigurasi agar instalasi instan bisa dilakukan via Softaculous dan berlaku untuk multiple akun hosting juga. Tetapi Anda tidak perlu khawatir dan berpikir panjang untuk melakukan riset tersebut, karena di artikel ini akan disajikan panduan instalasi PrestaShop ID ke Softaculous yang telah teruji.

undefined

Analisa

Musim toko digital, toko maya, toko online atau online shop saya rasakan menggema sejak 2011. Dimulai dari Joomla yang naik daun saat disandingkan dengan VirtueMart, sehingga memungkinkan pengguna untuk lebih mudah dalam bertransaksi online. Menyusul trend itu, tersebutlah PrestaShop yang hadir di kategori E-Commerce yang bisa dibilang merupakan bentuk akhir integrasi Joomla dan VirtueMart.

PrestaShop dapat memikat banyak pengguna karena kemudahan instalasi serta dukungan lainnya sebagai skrip open source. Tidak ketinggalan pula pengguna di nusantara yang sudah banyak menggandeng PrestaShop sebagai aplikasi toko online kepercayaannya. Bahkan tidak hanya sebatas sebagai pengguna, beberapa penggiat juga memodifikasi PrestaShop sedemikian rupa agar dapat lebih mengakomodasi kebutuhan toko online sehari-hari.

Berangkat dari situ dan sejalan dengan waktu, muncullah PrestaShop yang juga telah disisipkan bahasa Indonesia untuk memudahkan pengguna lokal. Tidak berhenti di situ, kini bahkan sudah marak penggunaan PrestaShop yang telah memiliki dukungan pengiriman kurir lokal [Tiki JNE] dan beberapa bank besar di Indonesia.

 

Instalasi PrestaShop ID

Melalui beberapa langkah di bawah ini tersaji panduan untuk menyisipkan PrestaShop ID ke dalam Softaculous Anda di server.

  1. Login ke server Anda dan lakukan validasi akun sampai setara root.
  2. Unduh skrip penginstal dari dit.web.id dengan perintah wget -c http://dit.web.id/skrip/softa-psid/softa-psid-installer.nya dan tunggu sampai selesai.

    root@jangkrik [/]# wget -c http://dit.web.id/soft/softa-psid/softa-psid-installer.nya
    --2011-12-23 17:30:38--  http://dit.web.id/skrip/softa-psid/softa-psid-installer.nya
    Resolving dit.web.id... 180.235.148.41
    Connecting to dit.web.id|180.235.148.41|:80... connected.
    HTTP request sent, awaiting response... 200 OK
    Length: 732 [text/plain]
    Saving to: `softa-psid-installer.nya'
    
    100%[==========================================>] 732         --.-K/s   in 0s
    
    2011-12-23 17:30:39 (43.6 MB/s) - `softa-psid-installer.nya' saved [732/732]
  3. Eksekusi skrip penginstalnya dengan perintah sh softa-psid-installer.nya dan tunggu sampai selesai.

    root@jangkrik [/]# sh softa-psid-installer.nya
    Softaculous PrestaShop ID Auto Installer
    Created by : adhitya chrstiawan nurprasetyo [dit]
    Site : http://dit.web.id | Mail : keftones14@yahoo.com
    Status : 22 Desember 2011 - musim dingin lagi...
    Back sound : Joe Satriani - ten words.mp3
    
    -| Preparation |-
    Package unzip-5.52-3.el5.x86_64 already installed and latest version
    -| Downloading Installer |-
    -| Installing PrestaShop ID |-
    Archive:  softa-psid.zip
      inflating: fileindex.php
       creating: images/
      inflating: images/logo.jpg
      inflating: import.php
      inflating: info.xml
      inflating: install.js
      inflating: install.php
      inflating: install.xml
      inflating: notes.txt
      inflating: prestaid.sql
     extracting: prestaid.zip
      inflating: settings.inc.php
      inflating: upgrade.php
      inflating: upgrade.xml
    -| Customizing PrestaShop ID |-
    -| Installation Complete |-
    root@jangkrik [/]#

Daftarkan PrestaShop ID Via Softaculous

Tahapan berikutnya adalah mendaftarkan PrestaShop ID melalui panel Softaculous Anda di WHM. Silakan simak beberapa langkah di bawah ini.

  1. Gunakan sembarang browser favorit Anda untuk mengakses panel WHM dengan format http://domain.apa/whm, lalu lakukan validasi akunnya.
  2. Sesampainya di halaman utama WHM, perhatikan kategori Plugins di sebelah kiri-bawah, lalu pilihlah opsi Softaculous - Instant Installs.
  3. Menu utama Softaculous akan muncul, arahkan pointer tetikus ke menu Software dan pilihlah Custom Scripts diikuti pengeklikan tombol Add Custom Scripts.
  4. Formulir baru akan muncul untuk mengisikan skrip baru yang ingin didaftarkan. Isikan informasi sesuai tabel di bawah ini, lalu klik tombol Add Script setelahnya.

    Scripts Name 	PrestaShop ID
    Softaculous Name 	prestaid
    Script Description 	PrestaShop menggunakan bahasa Indonesia, dukungan kurir Tiki JNE dan bank lokal.
    Script Version 	1.0
    Category 	E-Commerce
  5. Tidak berselang lama akan muncul keterangan The Custom Script was added successfully yang menandakan bahwa pendaftaran skrip berhasil dan sudah selesai.

 

Mainkan

Selesai dengan kedua tahapan di atas, kini tiba saatnya untuk menjajal skrip penginstalnya dari sisi Softaculous di cPanel.

  1. Gunakan sembarang browser favorit Anda untuk mengakses panel hosting dengan format http://domain.apa/cpanel dan lakukan validasi akunnya.
  2. Perhatikan kategori Software/Services dan pilihlah opsi Softaculous.
  3. Sesampainya di menu utama Softaculous, perhatikan daftar kategori di sebelah kirim dan pilihlah Blogs.
  4. Daftar skrip kategori E-Commerce akan muncul dan paling bawah terdapat opsi PrestaShop ID. Kliklah opsi tersebut dan informasinya akan muncul di sebelah kanan.
  5. Lanjutkan dengan mengklik opsi Install di menu kanan-atas, lalu isikan formulir yang muncul untuk menentukan username, password, lokasi tujuan instalasi dan email pengelola.
  6. Picu proses instalasi PrestaShop ID dengan mengklik tombol Install dan tidak berselang lama akan muncul pemberitahuan bahwa instalasi sudah selesai.

Masih dari jendela Browser, bukalah halaman atau tabulasi baru dan akses URL dimana lokasi instalasi PrestaShop ID ditujukan. Misal instalasi dilakukan di domain utama, maka Anda cukup mengakses format URL http://domain.apa diikuti penekanan tombol Enter di keyboard.

 

Outro

Akhirnya selesai juga riset kali ini dengan hasil yang menggembirakan. Dengan tercapainya riset kali ini tentunya juga membuka jalan untuk penambahan sembarang aplikasi lain di Softaculous. Semoga artikel kali ini bisa berguna untuk para pembaca dan juga dapat memberikan inspirasi serta pembelajaran bersama. Selamat mencoba.