DIT.web.id

sementara biarlah begini...

Ubah Data Transfer Menjadi Unmetered Berdasarkan Paket Hosting di cPanel

Sep 222011

Maraknya persaingan penyedia layanan web hosting saat ini secara tidak langsung menimbulkan perang fitur hosting pula. Mulai dari tawaran space berlimpah, dukungan versi aplikasi terbaru dan tidak ketinggalan pula limitasi data transfer yang tidak terbatas. Jika dahulu fitur data transfer [yang menyerupai pulsa di dunia ponsel] ini dapat menjadi komoditi tersendiri untuk meraup keuntungan bertahap, maka dewasa ini sudah tidak lagi. Mayoritas telah menyajikan paket hosting tanpa limitasi data transfer bulanan atau biasa disebut dengan istilah unmetered atau unlimited.

undefined

Analisa

Melalui artikel ini akan dikupas contoh kasus untuk mengubah limitasi data transfer terhadap paket² hosting yang sudah ada di server dan digunakan oleh klien hosting. Seperti kita ketahui bersama, pengubahan limitasi data transfer sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah via whm, tetapi jika berhadapan dengan puluhan, ratusan atau ribuan akun hosting pastinya akan jadi masalah tersendiri.

Sebagai modal dasar, semua akun hosting pastinya menggunakan paket hosting yang telah dibuat sebelumnya. Melalui paket hosting inilah akan dijadikan acuan dalam pengubahan limitasi data transfer. Hal ini berlaku jika Anda ingin menerapkan fitur data transfer tidak terbatas untuk beberapa paket hosting saja misalnya. Selain itu penerapan limitasi data transfer tidak terbatas juga harus berlaku terhadap akun hosting yang sudah ada dan menggunakan paket terkait.

Dengan begitu, secara sederhana ada 2 kasus yang harus diselesaikan, yaitu :

  • Mengubah nilai data transfer di paket hosting.
  • Mengubah nilai data transfer di akun hosting yang menggunakan paket hosting dengan data transfer tidak terbatas.

 

Ubah Limitasi Data Transfer Paket Hosting

Berdasarkan analisa di atas, maka setidaknya dibutuhkan 2 skrip untuk memenuhi penyelesaian kasusnya. Mari kita mulai dengan skrip yang pertama, yaitu untuk mengubah nilai data transfer di paket hosting yang diinginkan.

  1. Kunjungi layar kelam dan masuklah ke direktori kerja Anda.
  2. Gunakan editor teks kegemaran Anda dan buatlah sebuah file baru bernama bwpaket, lalu isikan kode program di bawah ini.

    # cPanel - Auto Replace Packages Data Transfer Limit to Unlimited
    # By : adhitya christiawan nurprasetyo [dit]
    # Site : http://dit.web.id | Mail : keftones14@yahoo.com
    # 05 September 2011 16:58WIB
    #!/bin/sh
    
    for oi in /var/cpanel/packages/nama_paket*
    do
    bw=`grep ^BW $oi`
    replace $bw "BWLIMIT=unlimited" -- $oi
    done
    
    Catatan : Ubahlah nama_paket* dengan format nama paket hosting yang Anda miliki. Misal Anda memiliki paket_pemula50mb, paket_pemula80mb dan paket_pemula100mb, maka cukup mengisikan paket_pemula*.
    
  3. Simpan pengeditannya dan tambahkan izin akses eksekusi dengan perintah chmod +x bwpaket.

 

Ubah Limitasi Data Transfer Akun Hosting

Berlanjut ke skrip kedua, yaitu untuk mengubah limitasi data transfer terhadap akun hosting yang telah ada sebelumnya.

  1. Masih dari layar konsol server, beranjaklah ke direktori kerja Anda.
  2. Gunakan sembarang editor teks favorit Anda dan buatlah sebuah file bernama bwakun, lalu isikan kode program di bawah ini.

    # cPanel - Auto Set Users Data Transfer Limit to Unlimited
    # By : adhitya christiawan nurprasetyo [dit]
    # Site : http://dit.web.id | Mail : keftones14@yahoo.com
    # 05 September 2011 16:58WIB
    #!/bin/sh
    
    for oi in /var/cpanel/users/*
    do
    paket=`grep PLAN $oi | cut -d"=" -f2 | cut -d"_" -f1`
    limit=`grep BWLIMIT $oi`
    if [ "$paket" != "abaikan_nama_paket_ini" ] || [ "$paket" != "abaikan_nama_paket_ini_juga" ]; then
    replace $limit "BWLIMIT=unlimited" -- $oi >> bw.log
    else
    echo $oi "pakai paket" $paket >> bw.log
    fi
    done
    
    Catatan: Ubahlah abaikan_nama_paket_ini dan abaikan_nama_paket_ini_juga dengan format nama file paket hosting yang tidak ingin diubah limitasi data transfernya. Misalkan Anda tidak ingin mengubah limitasi data transfer terhadap paket hosting yang memiliki format penamaan paket_khusus atau paket_murah, maka ubahlah abaikan_nama_palet_ini menjadi paket_khusus dan abaikan_nama_paket_ini_juga menjadi paket_murah.
    
  3. Simpan hasil pengeditannya dan berikan izin akses eksekusi dengan perintah chmod +x bwakun.

 

Mainkan

Kedua skrip sudah diracik dan siap beraksi, kini tiba waktunya untuk mengeksekusinya secara berurutan. Masih dari direktori kerja Anda dimana skrip berada, eksekusilah skrip pertama dengan perintah ./bwpaket diikuti penekanan tombol Enter. Selesai dengan skrip pertama, lanjutkan dengan perintah ./bwakun diikuti penekanan tombol Enter juga.

Sebuah file baru akan Anda jumpai bernama bw.log yang menyimpan jurnal proses dari penerapan skrip kedua. Melalui file tersebut Anda dapat memeriksa akun hosting mana saja yang diubah limitasi data transfernya selama skrip bekerja.

Selesai dengan pengeksekusian kedua skrip, beranjaklah ke jendela browser dan cobalah akses sembarang akun hosting yang paketnya telah diubah, niscaya limitasi data transfernya telah berubah menjadi tidak terbatas yang ditandai dengan munculnya karakter ∞ di bagian Monthly Bandwidth Transfer.

 

Outro

Nah, berbekalkan kedua skrip sederhana di atas, kini Anda dapat lebih mudah dan cepat untuk mengubah limitasi data transfer paket maupun akun hosting. Skrip di atas bisa juga dimodifikasi untuk mengubah limitasi data transfer selain tidak terbatas. Jika dibutuhkan, format skrip juga bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan otomatisasi lain terhadap paket dan akun hosting, its all yours \m/ Selamat mencoba.

There are no published comments.

New comment

Atom

morat-marit enterprise - since 2004