Menampilkan Dot atau Hidden Files di File Manager cPanel

“Sebagai panel web hosting yang paling kenamaan di jagat dunia maya, tim cPanel memposisikan dot atau hidden files secara tersembunyi di File Manager. Menghindari adanya kesalahan penggunaan dot atau hidden files oleh end user mungkin tujuannya.”— dit

Intro

Sebagai panel web hosting yang paling kenamaan saat ini, cPanel menyediakan beragam fitur yang dapat memudahkan kita dalam manajemen resources hosting yang kita miliki. Salah satu fitur yang mungkin paling sering Anda pakai adalah File Manager, yaitu area dimana kita dapat melakukan manajemen file dan folder. 

Bicara tentang file di hosting, tersebutlah file bernama .htaccess yang digunakan untuk menyimpan beberapa parameter khusus berkaitan dengan operasional skrip website yang kita gunakan.

Secara default, File Manager tidak akan menampilkan file dengan awalan atau prefix titik (dot). Hal itu yang menyebabkan mayoritas pengguna menjadi bingung saat ingin menggunakan file tersebut. Beberapa di antaranya bahkan ada yang mencoba membuat file .htaccess baru, tetapi tentunya tidak akan berhasil, karena sebenarnya memang sudah ada, hanya saja tidak terlihat (hidden).

Menampilkan Dot atau Hidden Files

Ikutilah beberapa langkah sederhana di bawah ini untuk menampilkan dot atau hidden files di File Manager Anda.

  1. Gunakan sembarang browser kegemaran Anda dan akseslah panel cPanel di format URL :
    https://domain.apa/cpanel atau
    https://cpanel.domain.apa.
    Ubahlah domain.apa dengan nama domain Anda.
  2. Dari menu utama cPanel, cari dan pilih fitur File Manager di kategori Files.
     
  3. Di tampilan utama File Manager, cari dan klik tombol Settings di pojok kanan-atas agar boks konfigurasinya muncul.
     
  4. Di boks konfigurasi yang telah muncul, aktifkan opsi Show Hidden Files (dotfiles) dengan cara memberi tanda centang, lalu klik tombol Save untuk menyimpannya.
     
  5. Kembali ke File Manager, saat ini Anda sudah dapat melihat semua dot files dan melakukan pengeditannya.

Outro

Setelah mengikuti panduan singkat di atas, kini Anda dapat melihat semua dot atau hidden files di File Manager cPanel. Kini aktivitas manajemen file dan folder pun tentunya dapat dilakukan lebih maksimal. Selamat mencoba.

You May Also Like

More From Author