Membatasi Hak Kirim-Terima Akun Email di cPanel

Estimated read time 4 min read

Gambar di atas adalah ilustrasi petugas pengirim surat menggunakan mobil. Kala itu sudah termasuk mutakhir, karena generasi-generasi sebelumnya masih menggunakan kuda, sepeda bahkan berjalan kaki. Sebuah pekerjaan penting yang sarat akan tenaga, waktu dan bahaya pada masanya. Semuanya itu hanya dibanderol dengan sebuah perangko saja, yang tidak jarang harus menempuh jarak yang begitu jauh dan sulit.

Saat ini peranan surat fisik relatif sudah banyak berkurang, karena mayoritas sudah beralih ke mode digital menggunakan email. Semuanya bisa berlangsung dengan cepat, mudah bahkan gratis. Tetapi ada satu hal yang seringkali dilupakan para pengguna email, yaitu peranan server email yang mengakomodasi proses kirim-terima email itu sendiri.

Para pengelola server email tersebut dapat dikatakan menggantikan peranan pengantar surat di masa lampau, karena mereka lah yang memantau, memperbaiki, memilah serta memastikan semaksimal mungkin email yang diproses dapat sampai ke tujuan dan meminimalisasi adanya email sampah (spam) yang dikirimkan. Tidak jarang bahkan para pengelola tersebut harus menangani puluhan server email secara bersamaan, sebuah tugas yang sangat sulit pastinya. — dit

 

Intro

Sebagai panel hosting terkemuka saat ini, cPanel menyediakan beragam fitur penting untuk mengakomodasi kebutuhan penggunanya, termasuk email di dalamnya yang sangat penting serta sering digunakan untuk kebutuhan personal bahkan sampai bisnis.

Sejalan dengan perkembangan teknologi email, terdapat pula para pihak yang tidak bertanggung-jawab memanfaatkan teknologi email untuk kebutuhan yang tidak baik. Spam adalah momok atau musuh terbesar dalam penggunaan email. Aneka jenis kejahatan turut berkembang bersamaan dengan spam, mulai dari promosi, penipuan atau sekadar pembunuhan identitas target dengan cara pengiriman email massal secara terus-menerus.

 

Analisa

Bersamaan dengan perbaikan fitur di cPanel secara berkala, saat ini para pengguna cPanel juga dapat memberikan limitasi terhadap akun email. Larangan atau batasan yang dibagi menjadi 2 kategori, yaitu pengiriman dan penerimaan. Masing-masing kategorinya memiliki 3 jenis aksi yang dapat dipilih, yaitu izinkan (allow), tahan atau tunda (hold), dan hentikan sementara waktu (suspended).

Jika Anda berperan sebagai pengelola akun email di cPanel, maka Anda dapat memanfaatkan fitur limitasi ini untuk operasional harian di hosting. Sebut saja Anda membuat akun email untuk pengiriman informasi kepada anggota atau konsumen Anda dan tidak mengharapkan balasan, maka dapat menggunakan limitasi suspended di penerimaan email.

Contoh lain lagi Anda ingin menunda pengiriman terhadap sebuah atau beberapa akun email karena alasan tertentu, maka limitasi tunda (hold) adalah fitur yang tepat untuk mengendalikan pengiriman email dan melakukan peninjauan setelahnya.

Untuk kebutuhan pencegahan, Anda bahkan dapat menentukan sebuah akun email dapat digunakan atau tidak dengan pembatasan akses ke akun email. Alhasil sekalipun pemilik akun email mengisikan username dan password yang valid, mereka tidak dapat mengakses fitur email sama sekali.

 

Mainkan

Simaklah beberapa langkah sederhana di bawah ini untuk menggunakan fitur limitasi terhadap akun email yang ingin diproses.

  1. Akses cPanel menggunakan browser kegemaran Anda, lalu lakukan validasi akunnya dengan mengisikan username dan password yang valid.
  2. Dari menu utama cPanel, cari dan pilihlah fitur Email Accounts di kategori Email.
  3. Daftar akun email akan ditampilkan; pilihlah tombol Manage di kanan akun email yang ingin diproses.
  4. Beberapa fitur akan muncul dan untuk fitur pembatasan berada di kategori Restrictions. Limitasi dilakukan berdasarkan kategorinya, yaitu pembatasan akses di Loggin In, penerimaan email di Receiving Incoming Mail dan penerimaan email di Sending Outgoing Email.
  5. Pilihlah jenis limitasi yang ingin diterapkan kepada akun email terpilih, yaitu izinkan (allow), tunda (hold) atau hentikan atau tidak diperbolehkan (suspended).
  6. Selesai dengan konfigurasinya, klik tombol Update Email Settings dan prosesnya sudah selesai.

Berikutnya Anda sudah dapat melakukan pengujian terhadap akun email yang baru saja dilimitasi. Anda dapat menggunakan sembarang aplikasi email atau menggunakan webmail. Niscaya limitasi yang Anda terapkan pun melakukan tugasnya sesuai yang Anda tentukan.

 

Outro

Usai sudah pembahasan sederhana kali ini tentang limitasi kewenangan email di cPanel. Berbekalkan fitur tersebut, maka Anda dapat melakukan pembatasan sesuai kebutuhan dan harapannya dapat mengendalikan jatah kirim-terima email agar dapat berjalan dengan baik dan tepat guna. Selamat mencoba.

You May Also Like

More From Author